Sebenarnya ini kegiatan pitnik yang saya ikuti bulan September 2020. Tetapi baru saya tulis saat ini. Tour De Borobudur 2020 bersama Roseti.

Bisa dibilang ini merupakan kegiatan gowes terjauh (tour) yang pertama saya ikuti. Tetapi untuk kilometer tidak, pernah sekali 100 Km dari ujung timur sampai barat Kota Semarang. Saya termasuk newbie disini, baru memulai kegiatan gowes Bulan Juli 2020.

Sepeda yang saya gunakan masih sama dari tahun 2013, yaitu Polygon Heist 3.0 Tahun 2012. Dulu beli sepeda ini ketika virus gowes juga booming di tahun 2013. Beli di toko offline lokal dekat-dekat rumah di Semarang. Kalau tidak salah sekitar 2 juta kurang sedikit.

Masuk komunitas Roseti pun juga baru, dan belum kenal sama anggota-anggotanya. Bahkan bertatap muka pun belum pernah, ya saat itu juga kegiatan Tour De Borobudur 2020 saya bertatap muka dan berkenalan. Jersey yang saya kenakan pun tidak seragam Roseti.

Jarak yang ditempuh Semarang - Borobudur kurang lebih 90 / 100 Km, tergantung dari mana memulai perjalanannya. Saya sendiri mendapatkan 92.89 Km.

Titik kumpul kegiatan Tour De Borobudur 2020 bersama Roseti ini di depan Lotter Mart Semarang. Ada beberapa Check Point pada kegiatan ini yaitu :

  1. Nasmoco Gombel
  2. SPBU Bawen
  3. Warung Gudeg Palagan
  4. RM Rahayu
  5. Alun-alun Magelang

Selama perjalanan Tour De Borobudur 2020 ini yang menguras tenaga sekali adalah dari tanjakan Jambu Ambarawa sampai Kopi Eva (Rumah Makan Rahayu). Di rute ini saya benar-benar habis. Terlebih baru pertama kali ini gowes jauh (Endurance).

Apalagi sepanjang rute dari Tanah Putih Semarang - Bawen, kita sudah disuguhi jalan menanjak. Ini pun tenaga saya udah digojlok. Dan terus dilanjut Jambu Ambarawa - RM Rahayu, bisa dibayangkan betapa terkurasnya keringat saya, hingga tetes terakhir.

Singkat cerita rombongan peserta Tour De Borbodur 2020 sampai ditujuan sekitar jam 12.00 siang, mungkin lebih sedikit. Kita kembali ke Semarang menggunakan bis jam 16.30 sore dari Candi Borobudur. Alhamdulillah sampai rumah jam 20.00 malam.